Strategi pembelajaran
Pengajaran
Komponen program pengajaran anatara lain yang berpusat pada pengajar, peserta didik, dan
materi pengajaran. Berpusat pada pengajar, pengajar menyampaikan informasi kepada peserta
didik. Teknik penyajian adalah teknik ceramah, teknik team teaching, teknik sumbang saran,
teknik demonstrasi, dan teknik antar disiplin. Berpusat pada peserta didik, strategi pembelajaran
seperti ini memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada peserta didik untuk aktif dan
berperan dalam kegiatan pembelajaran.
Dalam hal ini, pengajar berperan sebagai fasilitator dan motivator. Teknik penyajian adalah
teknik diskusi, teknik kerja kelompok, teknik penemuan, teknik eksperimen, teknik kerja
lapangan, dan teknik penyajian kusus. Berpusat pada materi pengajaran, materi terbagi dua
yaitu materi formal dan materi informal. Materi formal adalah isi pelajaran yang terdapat dalam
buku-buku teks resmi disekolah, sedangkan materi informal adalah bahanbahan pelajaran yang
bersumber dari lingkungan sekolah.
Strategi Keterampilan Berbahasa
Bahasa dipergunakan sebagaian besar pada aktivitas manusia. Semakin tinggi tingkat
penguasaan bahasa seseorang, semakin baik pula penggunaan bahasa dalam berkomunikasi.
Menyimak
Keterampilan menyimak adalah satu bentuk keterampilan berbahasa yang bersifat reseptif.
Keterampilan menyimak pada tahapan lebih tinggi mampu menginformasikan kembali
pemahamannya malalui keterampilan berbicara maupun menulis.
Strategi pembelajaran menyimak sebagai berikut: a. Pemberian informasi tertentu, dalam hal ini
peserta didik mendengarkan sebuah informasi, dan melihat demonstrasi serta mencatat.
b.
Berbicara
Keterampilan berbicara merupakan keterampilan memproduksi arus sistem bunyi artikulasi
untuk menyampaikan kehendak, kebutuhan perasaan, dan keinginan kepada orang lain.
Keterampilan berbicara diawali denganx adanya pemahaman minimal dari pembicara dalam
membentuk sebuah kalimat. Sebuah kalimat, betapapun kecilnya, memiliki struktur dasar yang
saling berkaitan satu sama lain sehingga mampu menyajikan sebuah makna.
Sumber.https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/440
Komentar
Posting Komentar