Strategi pembelajaran

 Pengajaran

Komponen program pengajaran anatara lain yang berpusat pada pengajar, peserta didik, dan

materi pengajaran. Berpusat pada pengajar, pengajar menyampaikan informasi kepada peserta

didik. Teknik penyajian adalah teknik ceramah, teknik team teaching, teknik sumbang saran,

teknik demonstrasi, dan teknik antar disiplin. Berpusat pada peserta didik, strategi pembelajaran

seperti ini memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada peserta didik untuk aktif dan

berperan dalam kegiatan pembelajaran.

Dalam hal ini, pengajar berperan sebagai fasilitator dan motivator. Teknik penyajian adalah

teknik diskusi, teknik kerja kelompok, teknik penemuan, teknik eksperimen, teknik kerja

lapangan, dan teknik penyajian kusus. Berpusat pada materi pengajaran, materi terbagi dua

yaitu materi formal dan materi informal. Materi formal adalah isi pelajaran yang terdapat dalam

buku-buku teks resmi disekolah, sedangkan materi informal adalah bahanbahan pelajaran yang

bersumber dari lingkungan sekolah.

Strategi Keterampilan Berbahasa

Bahasa dipergunakan sebagaian besar pada aktivitas manusia. Semakin tinggi tingkat

penguasaan bahasa seseorang, semakin baik pula penggunaan bahasa dalam berkomunikasi.

Menyimak

Keterampilan menyimak adalah satu bentuk keterampilan berbahasa yang bersifat reseptif.

Keterampilan menyimak pada tahapan lebih tinggi mampu menginformasikan kembali

pemahamannya malalui keterampilan berbicara maupun menulis.

Strategi pembelajaran menyimak sebagai berikut: a. Pemberian informasi tertentu, dalam hal ini

peserta didik mendengarkan sebuah informasi, dan melihat demonstrasi serta mencatat.

b.

Berbicara

Keterampilan berbicara merupakan keterampilan memproduksi arus sistem bunyi artikulasi

untuk menyampaikan kehendak, kebutuhan perasaan, dan keinginan kepada orang lain.

Keterampilan berbicara diawali denganx adanya pemahaman minimal dari pembicara dalam

membentuk sebuah kalimat. Sebuah kalimat, betapapun kecilnya, memiliki struktur dasar yang

saling berkaitan satu sama lain sehingga mampu menyajikan sebuah makna.


Sumber.https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/440

Komentar